Docquity, Aplikasi Oke untuk Dokter

Docquity, Aplikasi Oke untuk Dokter

“Long life learning” merupakan salah satu tagline yang selalu disebutkan oleh dosen kami saat kuliah di Fakultas Kedokteran. “Jadi dokter itu belajarnya sepanjang hayat, karena kita berhubungan dengan benda hidup yang ilmunya terus berkembang, harus senantiasa up to date, pada saat praktek di lapangan kamu harus pandai-pandai menggabungkan science dan art.” Begitulah petuah dari para dosen.

Memang betul menjadi seorang dokter itu bukan profesi yang mudah kuliahnya lama, minimal 6 tahun sampai lulus dokter dan selesai internship setelah melewati berbagai macam ujian termasuk ujian kompetensi dokter.  Setelah lulus, mempunyai surat tanda registrasi (STR), membuat surat ijin praktek (SIP) barulah bisa buka pelayanan kesehatan baik pribadi maupun berkerja di instansi pemerintah/ swasta. STR ini hanya berlaku 5 tahun dan harus resertifikasi ulang dengan mengumpulkan 250 SKP, waw mejikkk… Kalau lihat angkanya fantastis dan terasa berat, tapi sebetulnya ga gitu juga, karena 250 SKP ini dapat dicapai dari 5 ranah:

  1. Ranah pembelajaran 100 – 125 SKP per 5 tahun
  2. Ranah profesional 100 – 125 SKP per 5 tahun
  3. Ranah pengabdian masyarakat/ profesi 12,5 – 37,5 per 5 tahun
  4. Ranah publikasi ilmiah/ populer 0 – 12,5 per 5 tahun
  5. Ranah pengembangan ilmu 0 – 12,5 per 5 tahun

Info lebih lengkapnya bisa download buku log dan borang pengisiannya program pengembangan pendidikan keprofesian berkelanjutan (P2KB) untuk dokter praktik umum.

Di tulisan ini saya akan bahas tentang ranah pembelajaran yang bisa dilakukan dengan kegiatan di bawah ini :

Dari ranah pembelajaran aja banyak alternatif yang bisa kita tempuh ya, tapi kalau pengalaman saya yang baru 5 tahun praktik dokter umum 100-125 SKP itu banyak dipenuhi dari ikut seminar/ workshop/ pelatihan yang biayanya cukup mahal dan tempatnya di luar kota, jarang-jarang yang ngadain di Garut.

Alhamdulillaah dengan kecanggihan teknologi digital ada aplikasi yang memudahkan kita untuk belajar, up date ilmu, berbagi kasus dan penatalaksanaannya, membaca jurnal,  tak kalah penting bisa menjawab uji diri dan memdapatkan tambahan SKP hanya dalam genggaman. Membantu banget banget kan? nama aplikasinya DOCQUITY Ulasan yang diberikan oleh teman-teman sejawat pun bagus, banyak yang ngasih bintang 4-5. 

ini dia penjelasan singkat tentang DOCQUITY :

Docquity merupakan platform untuk berbagi pengetahuan dan ilmu Kedokteran khusus Dokter yang paling berkembang di Asia. Kerjasama Docquity dengan asosiasi medis nasional terbaik di Indonesia, Filipina, Malaysia, dan India membantu kami memastikan bahwa kami memberikan informasi klinis yang paling baru dan sesuai untuk kebutuhan Dokter.

Platform pembelajaran Docquity yang bersifat khusus dan terjamin akan memberikan Anda :
– Dapatkan poin CME/CPD/SKP secara Online kapanpun dan dimanapun
– Diskusi kasus medis secara langsung untuk berbagi informasi klinis
– Rangkuman jurnal Kedokteran terbaik untuk tetap mengikuti kemajuan di bidang Kesehatan
– Buat halaman web khusus untuk praktek Anda dan bantu pasien Anda secara online. Docquity menyediakan halaman web personal untuk setiap anggota agar dapat berinteraksi dengan pasien dan sejawat lain
– Pesan sampel dari perusahaan farmasi ternama untuk mencoba produk terbaru

Dapatkan update ilmu kedokteran dan wawasan klinis sesuai dengan Spesialisasi Ilmu pilihan Anda melalui fitur Kanal.
Update ilmu kedokteran dan wawasan klinis tersedia dari Ilmu kesehatan Anak, Dermatologi, Obgyn, Onkologi, Kedokteran Umum, Praktek Umum, Kedokteran keluarga, Neurologi, Kardiologi, dan banyak lagi spesialisasi dan sub-spesialisasi.
Jadi, Bergabung dengan Docquity sekarang dan perluas jaringan professional dan pasien Anda.

Jadi tunggu apalagi, ayo buruan install di smartphonemu 🙂

Aplikasi P2KB lainnya bisa download juga

  1. CME Kalbe/ Cermin Dunia Kedokteran (CDK)
  2. CME MIMS
  3. CME Dexa Medika

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *