Buku Bumil, Aplikasi Lengkap untuk Ibu Hamil

Buku Bumil, Aplikasi Lengkap untuk Ibu Hamil

Alhamdulillaah wa syukurillaah Januari 2018 ini hasil test pack saya bergaris 2 lagi. Ga nyangka juga Allah SWT akan amanahi anak kedua secepat ini di saat Kakak Athan (panggilan anak pertamaku) usia 21 bulan. Niatnya pengen punya anak 2 tahun 1. Nurutin orang tua dulu, kecepetan ya.hehe… Menurut saya sih engga juga karena hak anak diberi ASI sampai 2 tahun. Selain itu, menurut sejumlah penelitian, waktu tunggu yang disarankan untuk hamil anak kedua berkisar 18-23 bulan setelah melahirkan anak pertama. Jarak antara anak pertama dan kedua ini bermanfaat untuk menyiapkan tubuh Bunda serta agar calon anak kedua bisa tumbuh dan berkembang secara sehat.

Walaupun merencanakan kehamilan 2 tahun 1 tapi saya tetap pakai KB dengan IUD Nova T (KB pasang-red). Sempet galau juga mau buka KB saat Kakak Athan usia berapa, 20 atau 24 bulan?  Kalau 20 bulan pertimbangannya saat dibuka KB belum tentu langsung hamil lagi. 24 bulan waktu yang pas karena telah selesai menunaikan kewajiban memberi ASI. Tapi… akhirnya saya dan suami memutuskan buka IUD saat Kakak Athan 20 bulan setelah selesai haid, dan tanpa disangka bulan depan udah ga haid lagi. Alhamdulillaah, hamil adalah anugerah yang harus dijaga dengan baik 🙂 Saya masih melanjutkan ngasih ASI sampai usia 21 bulan, lalu berhenti karena ngalamin morning sickness, ga mau makan nasi dan ikan. Hanya makanan dengan bau yang netral yang bisa dimakan. Hasil konsultasi dengan konselor laktasi mempebolehkan ngasih ASI sampai 2 tahun bila tidak ada riwayat keguguran, tapi dokter SpOG menganjurkan untuk stop ASI aja demi kebaikan sang janin.

Hidup di era teknologi banyak meawarkan kemudahan, segala macam aplikasi diciptakan, termasuk aplikasi pemantau kehamilan, jumlahnya banyak, tinggal dipilih aja sesuai kebutuhan. Sejak hamil anak pertama sampai kedua ini saya setia memasang aplikasi BUKU BUMIL

Menurut saya aplikasi Buku Bumil merupakan aplikasi pemantau kehamilan berbahasa Indonesia terlengkap dengan tampilan yang sederhana tapi menarik dan enak dilihat. Dikembangkan oleh Imperial Healthtech, diinstall oleh lebih dari 100.000 orang dan diulas oleh 10.486 pengguna dengan rating 4,7….

Setelah memasang aplikasi ini kita diminta untuk mengisi hari pertama haid terakhir (HPHT) untuk menentukan hari perkiraan lahir (HPL). Selain itu mengisi juga berat badan dan tinggi badan sebelum hamil, aplikasi akan otomatis menghitung indeks masa tubuh kita termasuk kurus/ ideal/ berat badan lebih. Hal ini penting untuk memaantau kenaikan berat badan ibu selama hamil.

Fitur yang tersedia di Buku Bumil ini:

  1. Usia kehamilan, akan otomatis berubah setiap harinya sesuai dengan HPHT yang kita isi di awal. Contoh 9 minggu 1 hari, 235 hari lagi menuju HPL.
  2. Hari perkiraan lahir, tetap tidak berubah, otomatis dihitung sesuai HPHT yang kita isi di awal.
  3. Kehamilanku, berisi perkembangan janin dari minggu ke minggu, belum ada videonya, baru gambar aja. Dilengkapi informasi tambahan tahukah ibu? dan hal-hal yang harus diwaspadai setiap trimester.
  4. Tips kehamilan, berisi kumpulan artikel mengenai panduan makanan bagi ibu hamil, informasi dan cara mengatasi keluhan saat kehamilan, persiapan persalinan, dan ibu hamil dalam Islam.
  5. Kalkulator berat badan, sudah secara otomatis menyajikan kenaikan berat badan minimum, rata-rata, dan maksimum sesuai usia kehamilan yang harus dicapai ibu hamil sesuai indeks masa tubuh awal. Kita bisa mengatur asupan makanan dengan gizi seimbang untuk mencapai berat badan ideal.
  6. Ceklis, kita dapat menuliskan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyambut kelahiran anak; daftar belanja, daftar kebutuhan yang harus dibawa ke bidan/ dokter untuk persalinan, dan lain-lain.
  7. Musik Klasik, untuk relaksasi ibu hamil dan stimulasi perkembangan otak janin. Musiknya bagus-bagus.
  8. Qur’an, untuk ibu hamil muslim sangat berguna banget, ada beberapa ayat Qur’an yang dapat dibaca rutin selama kehamilan.
  9. Review, jangan lupa kasih review terbaik ya

Lengkap banget kan? Tunggu apalagi para bumil syantik, ayo pasang di smartphonemu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *