Ayah Bunda, Ayo Dokumentasikan Tumbuh Kembang Anak dengan MemoBayi

Ayah Bunda, Ayo Dokumentasikan Tumbuh Kembang Anak dengan MemoBayi

Memiliki anak merupakan anugrah yang tak ternilai.  Menyaksikan tumbuh kembangnya setiap saat adalah hal yang membahagiakan. Tapi sayangnya tidak semua orang tua dapat mendokumentasikan dan memantau tumbuh kembang anaknya dengan apik. dr. Achmad Mediana, SpOG, seorang dokter obgyn ternama di Jakarta yang juga aktif di kegiatan sosial dan cinta generasi penerus dapat memanfaatkan teknologi di bidang medis melalui Applicative Medicalcare System (AMS) dengan menciptakan aplikasi MemoBayi untuk pemantauan tumbuh kembang anak (usia 0-18 tahun). 

Saya pertama kenal dan sering berbagi pengalaman dengan dr. Achmad Mediana, SpOG sejak lahir anak pertama tahun 2016, kami sama-sama aktif di kegiatan sosial dengan fokus kesehatan ibu dan anak di wilayah kerja Puskesmas Guntur dengan wadah Rumah Sehat Garut. Program ini merupakan inisiatif kolaboratif yang digagas oleh Goris Mustaqim dari Asgar Muda, Dhompet Dhu’afa, dan AMS. Melalui pemberdayaan kader dalam mendampingi ibu hamil prasejahtera dan upaya lain yang kami lakukan diharapkan dapat menciptakan “ibu cerdas, anak sehat, keluarga unggul.” Data-data ibu hamil akan dimasukkan ke dalam aplikasi Saving Next Generation Indonesia (SNGI) sedangkan data anak yang dilahirkan dimasukkan ke dalam aplikasi Memo Bayi. Melalui kedua aplikasi ini kami berharap mempunyai data yang dapat dianalisis dan memberikan intervensi bila ditemukan adanya penyimpangan sedini mungkin. 1000 pertama kehidupan yang menjadi fokus kami.

Saya sendiri sudah memakai aplikasi MemoBayi sejak 2016,  merupakan aplikasi berbayar, Rp. 100.000 untuk seorang anak per tahun. Menurut saya worth it banget.  Aplikasi ini berisi pencatatan, pemantauan, tumbuh kembang bayi, balita dan anak yang lengkap, mudah, dapat dievaluasi dan
langsung terhubung dengan Dokter anak. Melalui aplikasi ini orang tua dapat segera mengetahui apakah proses tumbuh dan kembang anak berlangsung secara normal atau penyimpangan.

Orang tua dapat segera mendeteksi serta dapat melakukan pencegahan awal apabila terjadi penyimpangan, termasuk gangguan menetap (permanen) pada anak. Memudahkan orang tua dan dokter anak untuk memantau tumbuh kembang anak. Memudahkan orang tua dalam mencatat atau menyimpan riwayat kesehatan anak. Segala aktifitas yang terdapat di Memobayi langsung terhubung kepada dokter anak sehingga memudahkan untuk orang tua berkonsultasi dengan data yang lebih lengkap, terkini dan
akurat.

Untuk mendaftar aplikasi MemoBayi tinggal langsung kunjungi https://www.memobayi.com/login/daftar.php . Kita dapat memilih dokter dan institusi yang sudah bekerjasama dengan AMS ini.  Setelah mengisi form pendaftaran akan keluar memo pembayaran. Setelah konfirmasi pembayaran akun kita baru diaktifkan. Lalu login , akan tampil halaman member seperti ini :

Setelah di halaman member klik foto bayi untuk registrasi bayi, isinya tentang data-data di bawah ini:

  1. Data bayi
  2. Identitas orang tua
  3. Riwayat Kelahiran
  4. Riwayat Perinatal
  5. Riwayat Pengasuhan
  6. Riwayat Penyakit pada Orang Tua
  7. Riwayat Penyakit pada Anak
  8. Skrining Neonatus
  9. Riwayat Obstetrik

Tampilan halaman registrasi bayi seperti di bawah ini:

Setelah beres regitrasi bayi, silakan klik setiap menu yang ada:

  1. Beranda, berisi tentang kami
  2. Informasi, berisi tentang imunisasi dan pendamping ASI. Informasinya sangat lengkap dan dapat diunduh dalam bentuk pdf.
  3. Artikel, beragam artikel tentang kesehatan ibu dan anak serta tips dan trik dalam mendampingi tumbuh kembang anak
  4. Grarik, berisi grafik  pertumbuhan standar WHO; panjang badan menurut umur, berat badan menurut umu, indeks masa tubuh menurut umur, lingkar kepala menurut. Dapat dilihat perkembangan grafiknya setelah diisi oleh dokter. Dengan menganalisis grafik ini dapat diketahui sedini mungkin adanya penyimpangan sehingga dapat diintervensi segera.
  5. KPSP  (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Orang tua tinggal mengisi ceklis pertanyaan sesuai umurnya. Aplikasi akan menampilkan apakah perkembangan anak sesuai umurnya atau tidak.
  6. Catatan, berisi catatan dokter, catatan pribadi, dan jadwal pemeriksaan. Orang tua dapat melihat hasil catatan konsultasi dengan dokter. Orang tua dapat menuliskan catatan pribadi tentang kesehatan, tumbuh kembang anak, dan lain-lain.

Di halaman member terdapat list imunisasi yang dapat diupdate oleh orang tua, tampilannya seperti ini:

Selain itu ada sertifikat S3 ASI yang bisa diunduh dan langsung print.

Aplikasi MemoBayi juga dapat diunduh di googleplay.

Lengkap banget kan aplikasi tumbuh kembangnya? Mengisinya pun sangat mudah, bisa lewat smartphonemu. Yuuu segera daftarkan buah hati ayah bunda ke aplikasi MemoBayi,  selamat bergabung 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *