Bersyukur Masuk Kelas Bunda Cekatan Batch #1

Alhamdulillaah di penghujung tahun 2019 diberi kesempatan untuk upgrade diri lagi sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu di Kelas Bunda Cekatan Batch #1. Yang merupakan kelas ke-4 di Institut Ibu Profesional (IIP) setelah Foundation, Matrikulasi, dan Bunda Sayang.

2019, adalah tahun ketiga perjalanan saya bersama komunitas Ibu Profesional (IP). Banyak hal positif  yang saya dapatkan bersama ibu-ibu pembelajar disini. Notabene mereka merupakan orang-orang hebat di bidangnya dan masih mau belajar, saling berbagi dan menyemangati melewati berbagai tantangan. Berbagi ilmu, pengalaman, dan harapan dalam meningkatkan keterampilan sebagai perempuan, istri, dan ibu terutama dalam hal pengasuhan anak. Salut…. sehingga kami dapat bersineri dalam kebermanfaatan, seperti tema IP tahun ini.

Ginna Mahasiswa Bunda Cekatan Batch #1

Kelas Bunda Cekatan

Saya suka sekali belajar di IIP ini. Di usianya yang sudah 9 tahun, Bu Septi Peni Wulandani dan Pak Dodik Maryanto selalu up to date dan memperbaharui sistemnya, manajemennya tambah TOP. Kami para ibu tak berhenti diajarkan pengetahuan baru terutama dalam pemanfaatan teknologi. Hari gini ga melek digital, ketinggalan banget deh.

Sistem belajar di Kelas Bunda Cekatan berbeda dari kelas-kelas sebelumnya yang menggunakan grup WhatsApp dan dikelompokkan per regional. Sekarang melalui grup Facebook dan Telegram, temen sekelasnya se Asia dan non Asia. Semua orang langsung terhubung dan dapat berinteraksi. Seru banget.

Duh Emak2 kan banyak urusan, ga bisa online tiap hari. Gimana dong? Tenang aja gaess, karena belajar live-nya juga ga tiap hari. Jangan lupa set alarm untuk ikutin diskusi live… Kalau ga sempet ikut live, bisa baca postingan di unit grup FB.

Waktu belajar bunda cekatan

Aturan Kelas Bunda Cekatan

Walaupun belajarnya online, tapi tetep punya aturan lho… biar semua merasa nyaman dan bertanggung jawab. Ini aturannya:

Tahapan Kelas Bunda Cekatan

Belajar di Bunda Cekatan ini adalah proses bermain bersama. Semua bisa menjadi guru, dan semua bisa menjadi murid. Fasilitator akan menjadi teman belajar anda, bukan menjadi guru anda. Menyenangkan sekali bukan? Disini kita belajar merdeka dan merdeka belajar.

“Jangan Lupa Bahagia” itu taglinenya 🙂 Jika Ibu bahagia maka seisi rumah akan bahagia.

Apresiasi Kelas Bunda Cekatan

Sebagaimana kelas belajar akan ada apresiasi untuk muridnya. Di kelas ini kita kenal dengan istilah Daur Hidup dan Nektar, seperti ini ilustrasinya:

Seperti itulah gambaran Kelas Bunda Cekatan IIP. Bismillaah, semangat melewati semua tahapan dari telur-telur hingga kupu-kupu. Siap menjadi ibu bahagia untuk keluarga bahagia. Keluarga sakinah till jannah.