Jurnal 2 Telur Merah – Temukan Trampilmu

Jurnal 2 Telur Merah – Temukan Trampilmu

Dongeng 2 – Metakognisi

Dongeng kedua di Kelas Bunda Cekatan ini diisi oleh Narasumber dari Kaum Milenial, Mas Pandu Kartika Putra, tentang Metakognisi. Duh barang apaan ini? Saya dengerin videonya berulang-ulang biar paham betul 🙂

Kesimpulannya, Metakognisi adalah belajar bagaimana caranya belajar (learn how to learn), supaya kita aware terhadap proses belajar kita agar bisa akselarasi pengetahuan dan ketrampilan,

Metakognisi fokus pada pembelajaran mandiri. Ini 7 kuncinya:

  1. Mengambil inisiatif
  2. Dengan atau tanpa bantuan orang lain
  3. Mendiagnosa kebutuhan belajar dengan membuat peta belajar (contoh seperti mind map)
  4. Formulasi tujuan belajar
  5. Mengidentifikasi kebutuhan sumber daya untuk belajar
  6. Memilih dan mengimplementasikan strategi belajar
  7. Evaluasi hasil belajar

Referensi yang menginspirasi ya. Terkadang untuk menentukan bagaimana caranya belajar suka bingung ya, apalagi di tengah tsunami informasi dan banyaknya sumber yang bisa diakses. Tapi… ga usah khawatir gaess, pesannya Mas Pandu:

“Kita harus PeDe alias percaya diri, jangan menunggu sempurna dan jangan takut gagal. Mentri Pendidikan sekarang mengeluarkan mantra Failed Fast. Coba aja dulu. Semakin cepat kita coba, semakin cepat tahu apa yang kita butuhkan.”

Permainan 2 – Temukan Trampilanmu

Asiik bermain lagi. Kali ini kita diajak bermain Telur Merah untuk menemukan ketrampilan. Setelah mendengarkan video diskusi bersama Bu Septi Peni semakin tercerahkan pemahaman saya tentang Metakognisi. Ibu satu ini emang selalu keren dan menginspirasi 🙂

Setelah kita memiliki kekuatan melalui aktivitas bisa dan suka di jurnal 1 telur hijau, saatnya bermain telur merah untuk melacak keterampilan. Saya review lagi aktivitas suka dan bisa, kelimanya adalah aktivitas yang sangat penting dan harus saya lakukan, sehingga membuat indeks kebahagiaan saya sebagai seorang perempuan, istri dan ibu  terus meningkat.

Kemudian saya list ketrampilan yang harus dimiliki untuk menunjang aktivitas suka dan bisa. Kemudian dikelompokkan dalam penting dan mendesak, dst seperti di matriks daun ini:

Matriks Temukan Trampilmu

AHA, Inilah 5 Ketrampilanku Menuju Bunda Cekatan

Alhamdulillaah saya sudah menemukan 5 ketrampilan yang penting dan mendesak untuk segera dilatih dalam waktu dekat. Hal di bawah ini merupakan ketrampilan aktivitas suka dan bisa dalam hal manajemen Klinik.

Saya juga harus belajar bersikap asertif, terutama kalau aktif di organisasi, karena sangat dinamis dan rawan konflik. Paling ga bisa bilang tidak dan belum bisa tegas karena takut menyinggung perasaan orang. Kadang baper dan koper. haha…

telur merahBismillaah, telur merah ini sudah terisi 5 keterampilan yang harus terus dilatih agar saya menjadi Bunda Cekatan. Komitmen dan konsisten, itu kuncinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *