Si Miko Tumbuh Subur di Gubuk Kecilku

Si Miko Tumbuh Subur di Gubuk Kecilku

Si Miko Senang Hidup di Tempat Lembab

Si Miko (Kuman Mycobacterium Tuberculosis) merupakan penyebab utama penyakit Tuberkulosis (TB). Dia tumbuh subur di tempat yang lembab dan kurang sinar matahari. Ya dia sangat senang tinggal di gubuk kecilku yang berukuran  7 x 3 meter, di Kp. Pasir Domas RT 03 RW 07 Desa Langensari Kec. Tarogong Kidul, di sekitar tempat wisata Cipanas.  Namaku Gungun, 33 tahun memiliki satu istri dan dua anak. Sehari-hari bekerja sebagai kuli pasir, buruh harian lepas.

Gejala TB Mulai Terasa

Aku tak pernah menyangka si Miko masuk ke paru-paruku. November 2014 aku mulai batuk berdahak terus menerus lebih dari dua minggu bahkan aku kaget dalam dahakku ada bercak darah. Astagfirullaah… aku juga semakin menderita karena sesak napas, berat badan semakin menurun, setiap malam berkeringat walaupun tidak beraktfitas. Asa kasiksa hirup teh!!! Tidak bisa bekerja. Aarggggh… padahal aku harus menafkahi keluarga. Aku tidak punya uang untuk beli beras dan keperluan rumah tangga lainnya.

Pertemuan Pasien dengan Kader TB Care ‘Aisyiyah

Sampai akhirnya Januari 2015 aku bertemu dengan kader TB ‘Aisyiyah, Ibu Ipah Syaripah yang sigap dan rela mengantarku periksa dahak ke Puskesmas Cipanas. Petugas Puskesmas memintaku berdahak di pot dahak saat datang ke Puskesmas, bagun tidur besok pagi, dan besok saat aku kembali ke Puskesmas. Perlu waktu dua hari untuk periksa dahak.  Ada rasa kaget ketika diberitahukan hasil dahakku positif TB dan harus diobati minimal enam bulan. Sudah kebayang bosaaan minum obat selama itu. Tapi istriku telaten memberikan obat dan mengawasi saat menelannya. Jika obat tinggal untuk satu hari lagi istri sigap mengambil obat ke Puskesmas. Awal minum obat terasa pusing, mual, perut perih. Aahh mau berhenti saja meminumnya. Betul-betul tidak nyaman. Istri dan ibu Kader selalu meyakinkan bahwa ini efek sementara, nanti juga hilang. Alhamdulillah sekarang sudah tidak ada keluhan bahkan berat badanku sudah naik.

Aku pernah mendengar penyuluhan ibu kader kalau TB itu bisa menular. Aduuh bagaimana ini, takut keluargaku juga tertular. Untunglah petugas Puskesmas menganjurkan untuk memakai masker. Aku taati, bahkan awal-awal aku sempat minder dan malu bergaul dengan tetangga. Lama-lama terbiasa dan mulai percaya diri. Mungkin sakit ini ujian dari Allah SWT dan Insya Allah bisa sembuh. Bahkan aku harus bisa jadi contoh, duta TB di kampungku.

Anak-anak Mulai Tertular TB

Sebulan kemudian kuperhatikan kedua anakku mulai batuk, berat badan mereka semakin menurun, dan pucat. Disitu kadang aku merasa sedih. Jangan,,, jangan,,, jangan anakku juga tertular. Ya Allah ujian bertubi-tubi. Lagi-lagi dengan sigap ibu kader mengantar kedua anakku diperiksa di Balai Paru Kesehatan Masyarakat (BKPM). Mereka di test Mantoux dan foto Rontgen. Dan hasilnya keduanya positif TB. Sedih sekali, dalam dua bulan tiga orang dalam keluarga kami terkena TB, menular begitu cepat. Didukung kondisi rumahku yang tidak memadai, kalau hujan bocor disana sini, sehingga Kami sering menginap di rumah mertua. Rupanya si Miko tumbuh subur di gubuk kecil Kami.

Semangat Sembuh dan Harapan Pak Gungun

Apa mau dikata, ini perjalanan hidup yang harus Kami lewati. Kami berjuang untuk sembuh dari TB dengan minum obat teratur yang diawasi oleh istri. Menjadi pengawas menelan obat (PMO) untuk suami dan kedua anaknya. Kami berdoa suatu hari aku mendapat pekerjaan yang layak dan dapat tinggal di rumah yang bersih dan nyaman. Semoga pintu hati Bapak/ Ibu terketuk untuk membantu perbaikan gubuk Kami, gubuk kecil tempat tumbuh subur si Miko.

TB Day 2015, Hadiah Rumah Sehat untuk Pak Gungun

Harapan Pak Gungun dan keluarga untuk mepunyai rumah sehat layak huni akhirnya terwujud di tahun 2015. Ini adalah proyek pertama ‘Aisyiyah dan Yahintara untuk Bedah Rumah Pasien TB.

Untuk serangkaian prosesnya bisa dibaca disini ya . Kurang lebih sama untuk proses setiap proyek kolaborasi kami.

Peresmian Rumah Sehat Pak Gungun dan pemberian bantuan modal

Mari satukan tekad, bangun kepedulian untuk bebaskan beban mereka. Ayo lakukan sesuatu untuk Garut bebas TB.

TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis)…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *