Tiny House for Nurdin

Tiny House for Nurdin

Peresmian Tiny House for Nurdin

Hari Ahad, 23 Ramadhan bertepatan dengan tanggal 18 Juni 2017, SSR Community TB-HIV Care ‘Aisyiyah Garut , Yahintara (Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara), dan Klinik Kesehatan Yasyfa meresmikan rumah mantan pasien TB “Program Rumah Sehat” di Kelurahan Kota Wetan Kec. Garut Kota. Acara ini dihadiri oleh Ibu Bupati Garut, Hj. Diah Rudi Gunawan, Wasor TB Dinkes, Lurah Kota Wetan, dan warga sekitar.

Kuman TB Tumbuh Subur di Tempat Lembab

Kuman Mycobacterium Tuberkulosis penyebab Tuberkulosis (TB) sangat betah dan aktif tumbuh di tempat-tempat lembab.Tidak aneh, bila TB ini dapat menyerang setiap anggota keluarga secara bergantian, sehingga dianggap penyakit turunan. Padahal tidak diturunkan. TB adalah penyakit menular yang ditularkan melalui percikan dahak pasien TB.

Program Rumah Sehat, Gagasan Yahintara untuk Penanggulangan TB

Oleh karena itu, Yahintara menggagas ide perbaikan rumah pasien TB menjadi rumah sehat, dimana udara dan sinar matahari dapat masuk dan bersirkulasi baik di dalamnya. Memutus mata rantai penularan TB tidak hanya dilakukan dengan mengobati pasien TB sampai sembuh, tapi dengan perbaikan rumahnya, baik dengan pembuatan jendela, gentengisasi, maupun bedah rumah. Tergantung kondisi rumah pasiennya. Kuman TB akan mati di bawah sinar matahari.

Rumah Nurdin Sebelum Renovasi

Di tanah mungil sebesar kontainer berukuran 1,9 x 5,8 meter ini tinggal sepasang suami istri yang keduanya pernah menjadi pasien TB dan sekarang sudah sembuh. Dua puteri cantik menjadi pelengkap kebahagiaan mereka. Rumahnya gelap, lembab, dan pengap sehingga kami nyatakan tidak layak huni. Jika tidak direnovasi maka dimungkinkan satu keluarga ini dapat kena TB lagi.
Posisi rumah di bawah “sorodoy”. Dinding rumah lembab & berlumut. Sirkulasi udara & matahari tidak memadai.

Proses Pembangunan

Setelah melalui 3 kali musyawarah dengan pemilik rumah, keluarga, tokoh masyarakat & agama, serta pihak kelurahan, maka kami sepakat memulai pembangunan yang dinamai “Tiny house 4 Nurdin”.
Pembongkaran rumah dimulai. Warga ikut gotong royong mengangkut bahan bangunan. H-1 Ramadhan mulai peletakan batu pertama. Dilanjutkan dengan pembangunan yang berlangsung sekitar 3 minggu.
Alhamdulillaah H-7 ‘Idul Fitri rumah ini sudah siap dihuni.
Selamat untuk Bapak Nurdin dan keluarga, semoga sehat selalu, menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah, diberkahi Alloh SWT, dimudahkan rezekinya, dan bahagia dunia akhirat
Terima kasih kepada tim Yahintara, Kinik Utama Yasyfa, tim TB-HIV Care ‘Aisyiyah, Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Garut, dan para donatur yang telah membantu mewujudkan “Tiny House 4 Nurdin” dengan anggaran 20 juta rupiah. Jazakumulloh khoiron katsiro
Mari kita nikmati dan syukuri sinar matahari dan udara bebas sebagai anugerah Alloh SWT yang tak perlu kita beli. Biarkan ia masuk mengisi rumah kita. Mematikan kuman TB dan kita bangun pagi dengan menghirup udara bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *